Rabu, 09 April 2008

Konfercab PGRI Kecamatan Pontianak Selatan Sukses

Tantra Nur Andi
Borneo Tribune, Pontianak

Pengurus PGRI Kecamatan Pontianak Selatan sukses menyelenggarakan Konferensi Cabang (Konfercab), Senin (31/3) kemarin. Kegiatan dihadiri 250 guru dari TK, SD, SMP dan SMA.
Mantan Ketua Pengurus Cabang (PC) PGRI Kecamatan Pontianak Selatan, Syarial mengatakan kegiatan Konfercab mestinya dilaksanakan akhir November 2007. Tapi karena ada beberapa kendala, terutama kesibukan pengurus yang begitu padat sehingga baru bisa dilaksanakan saat ini.
“Selain menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus periode 2002-2007 juga dilakukan pemilihan PC PGRI kecamatan Pontianak Selatan,” katanya.
Ketua PGRI Kota Pontianak, Hatta Abduhaji mengatakan selain LPJ pengurus PGRI kecamatan Pontianak Selatan dan pemilihan pengurus baru, PGRI Kota Pontianak juga memberikan tugas pada PGRI Kecamatan Pontianak Selatan untuk membentuk PC PGRI Kecamatan Pontianak Tenggara.
Kegiatan Konfercab ini sangat penting bagi PGRI karena PC PGRI tingkat kecamatan menjadi ujung tombak perjuangan PGRI yang langsung berhubungan dengan anggotanya.
“Jadi saat para anggota PGRI ingin menyampaikan aspirasinya, maka mesti berhubungan langsung dengan PC PGRI tingkat kecamatan di mana guru tersebut menjadi anggota,” ujarnya.
Sampai saat ini, dari 5 PC PGRI tingkat kecamatan di kota Pontianak, 3 PC PGRI yang sudah melaksanakan Konfercab. Sedangkan untuk PC PGRI Kecamatan Pontianak Kota dan Pontianak Timur belum.
Karena itu pengurus PGRI Kota Pontianak memberikan batas waktu sampai 19 April mendatang kepada para PC PGRI di kedua kecamatan tersebut untuk segera melaksanakan Konfercab. Jika sampai batas waktu tersebut, tidak dilaksanakan maka pengurus PGRI Kota Pontianak akan mengambil alih.
Meski melalui perhelatan panjang, akhir kegiatan Konfercab kemarin berhasil memilih pengurus baru. Untuk PGRI Kecamatan Pontianak Selatan yang terpilih menjadi ketua yaitu Agus Tribowo, dari SMA Santo Petrus dan wakil ketua Sih Farmawati, Kepala SMTI Kota Pontianak sedangkan sekertarisnya Rahmani Mansyur, Kepala SDN 17 Pontianak Selatan.
Kepengurusan PGRI Kecamatan Pontianak Tenggara, baru dibentuk tim formatur yang berjumlah 7 orang diketuai oleh Ketua PGRI Kota Pontianak.
”Dua minggu ke depan, PC PGRI Kecamatan Pontianak Tenggara sudah akan kita tetapkan. Jumlahnya 15 orang sama dengan PC PGRI Kecamatan Pontianak Selatan,” kata Hatta.
Nantinya, lanjut Hatta para pengurus cabang diberi waktu satu bulan untuk membuat program kerja pengurus yang akan dibahas dengan anggota dalam rapat kerja pengurus (Raker).
Hatta berharap kepengurusan PGRI ke depan semuanya berasal dari para guru bukan lagi dijabat oleh pejabat struktural di tingkat Dinas Pendidikan. Sampai saat ini baru dua PC PGRI Kabupaten dan Kota yang pengurusnya berasal dari guru yaitu PGRI Kota Pontianak dan PGRI Kabupaten Sambas.


0 komentar: