Rabu, 09 April 2008

Pusat Perbukuan Depdiknas Gelar Sayembara PNBP 2008

Tantra Nur Andi
Borneo Tribune, Pontianak

Rendahnya motivasi guru di Kalbar menulis, terutama karya tulis ilmiah menjadi keprihatinan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Karena itu lembaga tersebut bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalbar melakukan sosialisasi sayembara penulisan naskah buku pengayaan 2008.
“Minat guru untuk menulis di Kalbar sangat kecil sekali, bayangkan saja setiap ada perlombaan karya tulis ilmiah, tidak sampai 10 orang se Kalbar yang mengirimkan naskah ke Pusat Perbukuan,” kata Kepala LPMP Kalbar, Abdul Hadi, Rabu (2/4) usai pembukaan acara.
Dampaknya di Kalbar sulit untuk naik pangkat. Syarat naik pangkat dari golongan IV A ke golongan IV B yaitu membuat karya tulis ilmiah. Dari data LPMP Kalbar, dari 7873 orang guru golongan IV A di Kalbar baru 30 orang yang bisa naik pangkat ke golongan IV B. Karya tulis yang mereka buat tidak sesuai bidang keahliannya dalam mengajar. Misalnya guru matematika tidak membuat karya tulis ilmiah tentang matematika.
Rendahnya jumlah keikutsertaan guru dalam berbagai perlombaan menulis, bisa karena kurangnya sosialisasi atau karena memang guru tidak dapat menulis karya ilmiah. Karena itu tujuan sosialisasi ini untuk membekali dan memotivasi para guru agar mau dan mampu menulis untuk mengembangkan profesionalismenya.
“Kita juga akan membantu Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional untuk mensosialisasikan sayembara ini ke seluruh sekolah yang ada di Kalbar,” ungkapnya.
Kegiatan ini juga wahana mengembangkan minat penelitian guru sehingga terwujud sosok guru yang berkompeten dengan mengajar sekaligus memiliki wawasan penelitian ilmiah yang memadai. Ini sangat diperlukan guru dalam rangka membimbing anak didik.
Hartami dari Pusat Perbukuan Depdiknas yang menjadi nara sumber sosialisasi mengatakan naskah yang disayembarakan adalah buku pengayaan. Yaitu buku yang memuat materi yang dapat memperkaya pengetahuan, pengembangan keterampilan dan membentuk kepribadian yang positif peserta didik untuk jenjang pendidikan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA.
Dibedakan dua kelompok yaitu fiksi dan nonfiksi. Naskah fiksi, naskah yang diciptakan terutama berdasarkan kreativitas dan imajinasi. Kelompok ini dibedakan tiga jenis, pertama prosa, berupa novel dan kumpulan cerpen. Kedua kumpulan puisi dan ketiga drama. Naskah nonfiksi berisi hasil observasi secara langsung atau melalui studi perpustakaan. Kelompok nonfiksi ada tiga juga. Pertama pengayaan pengetahuan alam, kedua pengayaan pengetahuan sosial dan ketiga pengayaan keterampilan.
Peserta adalah tenaga kependidikan baik yang masih aktif maupun pensiunan. Untuk informasi lebih lanjut tentang sayembara ini dapat menghubungi Pusat Perbukuan Depdiknas, Jalan Gunung Sahari Raya No 4 Jakarta Pusat, telpon (021)3804248 pesawat 275, Fax. (021) 3806229, atau melalui situs internet www.sibi.or.id , e-mail : pusbuk@sibi.or.id


0 komentar: